Jumat, 02 Oktober 2009

Baru beberapa hari masuk kuliah Kimia Anorganik 2 udah dikasih pertanyaan seperti ini sama dosen Pak Prof. AK Prodjosantoso Ph.D. Ya udah deh mulailah berburu narasumber yang bisa ngejelasin pertanyaan ini.. Sampe berhari-hari otak-atik komputer sambil melanglang buana ke dunia maya akhirnya dapet juga.
Kita simak baik2 yah temen2 semua..

Logam-logam yang banyak kita temukan di kehidupan sehari-hari,,umumnya memiliki sifat-sifat yaitu dapat mengkilat, dapat menghantarkan kalor dan listrik dan berwarna putih keperakan,,namun tidak pada tembaga yang berwarna merah dan emas yang berwarna kuning..Nah lho,,kenapa??
Warna pada logam ini bisa dijelaskan lho pake teori orbital molekul kata pak Prodjo,,hehe..

Warna logam itu terbentuk berdasarkan transisi electron diantara ikatan-ikatan energinya. Adanya transisi ikatan d dan pelepasan diri dari posisi di ikatan konduksi menyebabkan adanya kemampuan penyerapan cahaya pada panjang gelombang untuk menghasilkan warna emas yang khas itu.

1. Emas dengan nama kimianya Aurum (Au) nomor atom 79


Warna emas yang kuning tersebut disebabkan oleh frekuensi plasmon emas yang terletak pada julat penglihatan. Hal ini mengakibatkan warna merah dan kuning dipantulkan,sedangkan warna biru diserap. Hanya koloid perak yang mempunyai interaksi yang sama terhadap cahaya, tetapi dalam frekuensi yang lebih pendek, sehingga menyebabkan warna koloid perak menjadi kuning.


2. Tembaga dengan nama kimia Cuprum (Cu) nomor atom 29


Warna merah pada tembaga disebabkan oleh struktur jalurnya,, yaitu memantulkan cahaya merah dan jingga dan menyerap frekuensi-frekuensi lain dalam spectrum tampak. Tembaga ketika sedikit melepasi takat leburnya mengekalkan warna kilauan merah jambu apabila cahaya yang mencukupi dipancarkan ke atas warna pijarnya.


Sumber bacaan :
http://www.webelements.com/compounds/gold
http://www.geocities.com/alampermata/metallurgy/gold_colour.html
http://www.wapedia.mobi/ms/Tembaga
http://www.wapedia.mobi/ms/Emas
http://www.chem-is-try.org/
http://www.dayah.com

0 komentar:

Posting Komentar